Cara Menambahkan Port ke Router di Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer adalah aplikasi yang dibangun oleh Cisco untuk membuat simulasi jaringan yang sederhana maupun kompleks. Tujuan utama dari aplikasi Cisco Packet Tracer adalah untuk membantu siswa mempelajari prinsip-prinsip jaringan dan mendemonstrasikan konsep jaringan. Router adalah perangkat jaringan yang bekerja pada lapisan jaringan dan dapat menghubungkan dua jaringan yang berbeda.

Pada pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara menambahkan port pada router. Terkadang ketika kita ingin membuat jaringan dengan skala yang besar, port yang tersedia pada router tidak mencukupi sehingga kita perlu menambahkan portnya.

Menambahkan Port di Cisco Packet Tracer
Menambahkan Port di Cisco Packet Tracer

Sebelum ke tutorial menambahkan port pada router di cisco, mari kita ketahui terlebih dahulu port-port yang ada pada router cisco.

Pengertian Port

Dalam konteks komputer dan jaringan, "port" merujuk pada mekanisme yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat tujuan atau sumber dalam komunikasi antara perangkat atau aplikasi di jaringan komputer. Port membantu mengarahkan lalu lintas data ke tujuan yang benar di dalam komputer atau jaringan, mirip dengan cara alamat di jalan membantu mengarahkan kita ke tujuan yang tepat di kota.

Jenis Port Router

Di Cisco Packet Tracer, kalian dapat mensimulasikan berbagai jenis perangkat jaringan, termasuk router. Beberapa jenis port yang umum ditemukan pada router di Cisco Packet Tracer adalah sebagai berikut :

  • FastEthernet / GigabitEthernet Port: Port ini adalah jenis port yang digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti komputer atau switch ke router. FastEthernet (FE) mendukung kecepatan hingga 100 Mbps, sedangkan GigabitEthernet (GE) mendukung kecepatan hingga 1000 Mbps.
  • Serial Port: Serial port digunakan untuk menghubungkan router dengan perangkat di jaringan lain melalui koneksi serial, seperti koneksi antara router di jaringan area luas (WAN). Dalam simulasi Packet Tracer, kalian mungkin akan melihat port serial digunakan dalam pengaturan jaringan yang lebih besar.
  • Console Port: Console port adalah port fisik yang digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti komputer atau terminal langsung ke router. Port ini memungkinkan akses langsung ke konsol perangkat untuk mengkonfigurasi dan memantau router.
  • Auxiliary Port: Port tambahan (auxiliary port) dapat digunakan untuk akses jarak jauh ke router melalui koneksi modem atau perangkat lainnya. Port ini berguna untuk administrasi jarak jauh.
  • Virtual Interfaces: Beberapa router Cisco juga memiliki port virtual yang digunakan untuk mengatur interface virtual seperti Virtual LAN (VLAN) atau sub-interface.
  • Management Port: Port manajemen biasanya adalah antarmuka khusus yang digunakan untuk mengakses antarmuka pengelolaan web atau antarmuka baris perintah konsol (CLI) pada router.
  • Loopback Interface: Port ini adalah antarmuka virtual yang digunakan untuk pengujian dan diagnostik. Loopback interface tidak memiliki fisik yang terkait dengannya dan sering memiliki alamat IP yang digunakan untuk tes koneksi lokal.
  • Tunnel Interfaces: Beberapa router dapat memiliki antarmuka tunnel yang digunakan untuk membentuk koneksi terenkripsi atau membangun jaringan virtual.

Cara Menambahkan Port ke Router

Sekarang mari kita tambahkan port ke perangkat router di Cisco Packet Tracer. Ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan baik dan benar.

Catatan: saya akan melakukan percobaan ini pada 3 router dan 3 switch.

  • Langkah 1: Buka Aplikasi Cisco Packet Tracer.
  • Langkah 2: Saat membuka Cisco Packet Tracer, tambahkan 3 router (2811) dan 3 switch yang berada di bagian kiri bawah layar.
3 Router 3 Switch
3 Router dan 3 Switch
  • Langkah 3: Hubungkan router dan switch dengan menggunakan kabel. Untuk router dengan router menggunakan kabel Cross sedangkan router dengan switch menggunakan kabel Straight.
  • Langkah 4: Ketika saya mencoba menghubungkan Router1 dengan Switch1 menggunakan kabel, saya tidak dapat melakukannya,
    hal ini terjadi karena router 2811 hanya memiliki 2 port yang sudah digunakan untuk terhubung pada Router0 dan Router2.

Kabel Tidak Dapat Terhubung
Kabel Tidak Dapat Terhubung
  • Langkah 5: Untuk mengatasi masalah tersebut, saya akan menambahkan lebih banyak port di router 1. Untuk menambahkan lebih banyak port di router1, klik Router, matikan router dengan mengklik tombol lalu tambahkan port NM-2FE2W ke port kosong (yang berwarna hitam) dengan menyeretnya dari bagian kiri layar. Setelah terpasang, nyalakan tombol dengan mengklik tombol yang sama.
Tambahkan Port
Tambahkan Port
  • Langkah 6: Setelah iitu, kita dapat menghubungkan Router1 dengan Switch1.
Berhasil Terhubung
Berhasil Terhubung

Sekian cara menambahkan port ke router pada Cisco Packet Tracer. Perlu diingat untuk mematikan router sebelum menambahkan port ke router dan kemudian menyalakannya kembali.

Kesimpulan

Fungsi dan jenis port yang ada di dalam simulasi Cisco Packet Tracer dapat berbeda tergantung pada versi dan konfigurasi perangkat yang digunakan. Oleh karena itu, pilih jenis port sesuai yang dibutuhkan atau ingin ditambahkan. Dalam lingkungan yang sebenarnya, router Cisco memiliki berbagai jenis port yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan jaringan.

Cisco Packet Tracer
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.